Ada beberapa kategori
dalam ragam dialog anatar lain.
1.
Dialog
Berbasis Perintah Tunggal
Command line dialogue adalah
Perintah-perintah tunggal
yang dioperasikan tergantung dengan sistem operasi komputer
yang dipakai.
Contoh :
c:\dir *.bat
c:\copy Berkas.doc a:
c:\format a:
c:\delete *.*
x#vi
#ls
#passwd
2.
Dialog
Berbasis Bahasa Pemrograman
Programming language
dialogue adalah Dialog yang dikemas sejumlah perintah
ke dalam suatu bentuk berkas
(fie) berupa batch file.
3.
Antarmuka
Berbasis Bahasa Alami
Natural languange interface
adalah dialog yang berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan
oleh sistem penterjemah.
Contoh :
“Cetak semua mahasiswa yang mempunyai IP semester lebih besar dari 3”
DISPLAY ALL FOR IPSEM < 3
SELECT * FROM MAHASISWA
WHERE IPSEM < 3;
Keuntungan berada pada sisi user. User menginginkan keluwesan yang
sebesar-besarnya
untuk memberikan instruksi kepada komputer, tetapi akan semakin rumit dalam membangun sistem interpreter-nya.
Contoh :
- Berapakah jarak dari Salatiga ke Semarang ?
- Saya ingin tahu jarak Salatiga ke Semarang ?
Bisa terjadinya dualisme (ambiquity) pada sisi komputer dalam menterjemahkan
instruksi, instruksi yang panjang, dan instruksi yang tidak akurat
menyebabkan interpreter bekerja lebih berat dan kesalahan lebih mudah terjadi.
Sebenarnya
untuk saat ini, dialog berbasis bahasa alami
tidak menawarkan
banyak keuntungan, khususnya kepada perancang dan pemrograman, apabila dialog ini di aplikasikan,
karena sangat rumit dan sangat tidak efisien untuk kebanyakan
situasi dialog.
4.
Sistem
Menu
Dialog
yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah
terbatas yang terdapat 2 jenis system menu yaitu Sistem Menu Datar dan Sistem Menu Tarik (pulldown).
contohnya :
- program
pada C++ / Pascal (Sistem Menu Datar)
- Hiraki
Utama pada sebuah Program
5.
Dialog
Berbasis Pengisisan Barang
Form
filling dialogue adalah Dialog dimana pengguna (user)
dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer yang berisi
sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah
ditentukan.
contohnya : proteksi, batasan dan isi field, nilai
default, navigasi, bantuan, pembentulan kesalahan dan
penyelesaian.
6.
Antarmuka
berbasis Ikon
Antarmuka sering memanfaatkan simbol-simbol dan tanda-tanda dari kehidupan kita sehari-hari untuk memberitahukan pengguna
akan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki
oleh suatu program aplikasi.
7.
Sistem
Penjendelaan
Windowing system
adalah Sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai
informasi pada satu atau lebih jendela (window), jenis-jenis jendela
(window) antara laiannya ;Jendela TTY, Time-Multiplexed Windows,
Space
Multiplex Window,
dan Non-Homogen
Contohnya :
Pada informasi grafis, elemen terkecil adalah pixel. Satu pixel dapat disajikan dengan 1 bit (2 warna), 2 bit (4 warna), 4 bit (16 warna), 8 bit (256 warna), 16 bit (65536 warna), 24 bit (16777216 warna),...,
2n dst. Sehingga jika ingin jumlah
warnanya banyak maka setiap pixel harus disajikan dalam cacah bit yang besar pula.
Resolusi
tampilan dapat bervariasi spt 320 pixel x 200 pixel, 640 pixel x 480 pixel, 800 pixel x 600 pixel, 1024 pixel x 768 pixel.
Jika kita memilih
resolusi 1024 pixel x 768 pixel dengan jumlah warna adalah High Colour, yang berarti 1 pixel memerlukan 16 bit (2 byte).
Sehingga memori VGA
yang harus
kita sediakan minimal sebesar 1024 x 768 x 2 byte
1572864 byte = 1536 Kbyte atau 2 Mbyte.
8.
Manipulasi
Langsung
Direct manipulation
adalah Penyajian langsung
aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer.
9.
Anatarmuka
Berbasis Interaksi Grafis
Merupakan dialog berbentuk pesan atau informasi
pada suatu gambar
atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu
aktifitas.
No comments:
Post a Comment