Monday, March 13, 2017

INTERAKSI MANUSIA DAN KOPUTER ,KATEGORI RAGAM DIALOG




Ada beberapa kategori dalam ragam dialog anatar lain.
1.      Dialog Berbasis Perintah Tunggal
         Command line dialogue adalah Perintah-perintah tunggal yang dioperasikan tergantung dengan sistem operasi komputer yang dipakai.
               Contoh :

                                    c:\dir *.bat
                                    c:\copy Berkas.doc a:
                                    c:\format a:
                                    c:\delete *.*

                                    x#vi
                                    #ls
                                    #passwd

2.      Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman
         Programming language dialogue adalah Dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas (fie) berupa batch file.

3.      Antarmuka Berbasis Bahasa Alami
         Natural languange interface adalah dialog yang berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan oleh sistem penterjemah.
Contoh :
Cetak semua mahasiswa yang mempunyai IP semester lebih besar dari 3
 DISPLAY ALL FOR IPSEM < 3
 SELECT * FROM MAHASISWA WHERE IPSEM < 3;

Keuntungan berada pada sisi user. User menginginkan keluwesan yang sebesar-besarnya untuk memberikan instruksi kepada komputer, tetapi akan semakin rumit dalam membangun sistem interpreter-nya.



               Contoh :
               - Berapakah jarak dari Salatiga ke Semarang ?                       - Saya ingin tahu jarak Salatiga ke Semarang ?

         Bisa terjadinya dualisme (ambiquity) pada sisi komputer dalam menterjemahkan instruksi, instruksi yang panjang, dan instruksi yang tidak akurat menyebabkan interpreter bekerja lebih berat dan kesalahan lebih mudah terjadi. Sebenarnya untuk saat ini, dialog berbasis bahasa alami tidak menawarkan banyak keuntungan, khususnya kepada perancang dan pemrograman, apabila dialog ini di aplikasikan, karena sangat rumit dan sangat tidak efisien untuk kebanyakan situasi dialog.

4.      Sistem Menu
         Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah  terbatas yang terdapat 2 jenis system menu yaitu Sistem Menu Datar dan Sistem Menu Tarik (pulldown).
contohnya :
         - program pada C++ / Pascal (Sistem Menu Datar)
         - Hiraki Utama pada sebuah Program

5.      Dialog Berbasis Pengisisan Barang
         Form filling dialogue adalah Dialog dimana pengguna (user)  dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer yang berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option)  yang telah  ditentukan.
contohnya : proteksi, batasan dan isi field, nilai default, navigasi,                         bantuan, pembentulan kesalahan dan penyelesaian.



6.      Antarmuka berbasis Ikon
         Antarmuka sering memanfaatkan simbol-simbol dan tanda-tanda dari kehidupan kita sehari-hari untuk  memberitahukan pengguna akan  kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi.

7.      Sistem Penjendelaan
         Windowing system adalah Sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk  menampilkan berbagai informasi pada satu atau le­­­­­bih jendela (window), jenis-jenis jendela (window) antara laiannya ;Jendela TTY, Time-Multiplexed Windows, Space Multiplex  Window, dan Non-Homogen
Contohnya :
         Pada informasi grafis, elemen terkecil adalah pixel. Satu pixel dapat disajikan dengan 1 bit (2 warna), 2 bit (4 warna), 4 bit (16 warna), 8 bit (256 warna), 16 bit (65536 warna), 24 bit (16777216 warna),..., 2n dst. Sehingga jika ingin jumlah warnanya banyak maka setiap pixel harus disajikan dalam cacah bit yang besar pula.
         Resolusi tampilan dapat bervariasi spt 320 pixel x 200 pixel, 640 pixel x 480 pixel, 800 pixel x 600 pixel, 1024 pixel x 768 pixel.  Jika kita memilih resolusi 1024 pixel x 768 pixel dengan jumlah warna adalah High Colour, yang berarti 1 pixel memerlukan 16 bit (2 byte). Sehingga memori VGA yang harus kita sediakan minimal sebesar 1024 x 768 x 2 byte  1572864 byte = 1536 Kbyte atau 2 Mbyte.

8.      Manipulasi Langsung
         Direct manipulation adalah Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user)  sehingga aktifitas akan  dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada  pada layar komputer.

9.      Anatarmuka Berbasis Interaksi Grafis
         Merupakan dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil  ketika pengguna melakukan suatu aktifitas.

No comments:

Post a Comment

Evaluasi

Prinsip Penelitian Evaluasi Pada prinsipnya penelitian Evaluatif digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian membandingkan krit...